Kamis, 10 November 2016

BAGAIMANA CARA MERAWAT LAPANGAN FUTSAL?



Siapa sih yang nggak kenal dengan olahraga yang satu ini? Pasti semuanya sudah tahu yaa. Untuk bermain futsal lebih seru kalau kita iuran dengan teman-teman dan menyewa tempat/lapangan olahraga futsal. Lapangan olahraga futsal bermacam-macam jenisnya, ada yang terbuat dari vinyl, karpet plastik, taraflex, parquette, semen, dan rumput sintetis. Dan pada kesempatan kali ini kontraktorlapangan.com akan membahas mengenai cara merawat lapangan futsal, khususnya lapangan dengan rumput sintetis. Kenapa lapangan futsal dengan rumput sintetis? Karena cara merawat lapangan futsal ini sangat berbeda dengan cara merawat lapangan sepakbola biasa. Perbedaannya sangat jelas, yaitu dapat kita dilihat dari jenis rumputnya. Lapangan sepakbola biasa di outdoor menggunakan jenis rumput hidup yang sehari-harinya harus disiram agar mendapatkan hasil yang sempurna, sedangkan pada rumput futsal menggunakan rumput sintetis. Rumput futsal sangat anti dengan air, karena dapat mempercepat kerusakan pada rumput tersebut. Berikut ini adalah upaya – upaya yang bisa dilakukan untuk merawat lapangan futsal:

  • Mengecek Rumput Sintetis Seminggu Sekali

Rumput yang biasanya sering terlepas adalah sisi-sisi pada garis lapangan. Hal itu biasa terjadi karena disebabkan kelalaian pada saat pemasangan rumput pada lapangan, bisa juga karena gesekan dari sepatu pemain atau juga dari keringat pemain yg jatuh sehingga menyebabkan lem lepas.


  • Mengecek Jaring Setiap Minggu

Pemain yang kelelahan biasanya suka menyandarkan tubuhnya pada jaring-jaring disisi lapangan, hal itu akan menyebabkan jaring-jaring lapangan bisa kendur bahkan putus  jika dibiarkan terus menerus. Kemungkinan lain karena terdorong atau karena unsur kesengajaan karena pemain yang lelah.



Cara mengantisipasinya adalah:
1. Menyemprot bahan khusus untuk rumput sintetis agar tahan lebih lama (bahannya dapat dicari di google).

2. Buatlah himbauan atau papan peringatan kepada pemain, misalnya:
– Wajib memakai sepatu karet/futsal (efek yang ditimbulkan jika tidak memakai sepatu adalah cidera selain itu keringat yang dihasilkan saat bermain akan langsung jatuh kerumput).
– Dilarang tidak mengenakan pakaian (baju) pada saat sedang bermain (sumber keringat terbanyak adalah dari badan kita, dan apabila seseorang tidak memakai baju pada saat bermain kemungkinan besar keringat akan jatuh dilapangan).
– Dilarang menyenderkan badan dijaring (karena dapat menyebabkan jaring kendur bahkan bisa menyebabkan jaring putus apabila kapasitas melebihi ketahanan jaring tersebut).
– Dilarang meludah dilapangan (disamping merusak lapangan dapat juga mencemari lingkungan).

3. Memperbaiki sendiri rumput yang lepas. Rumput yang lepas bisa dipasang kembali dengan menggunakan lem alteco, lem ini hanya pilihan sementara yang bisa dipakai. Sedangkan untuk seterusnya Anda bisa konsultasikan kepada kami di kontraktorlapangan.com .

Butuh dana yang tidak sedikit dalam pembangunan serta perawatan fasilitas olahraga. Jadi tidak ada salahnya kalau kita menjaga dan merawat lapangan yang kita gunakan untuk meminimalisir kerusakan pada lapangan olahraga. Dan bagi anda yang ingin konsultasi mengenai lapangan olahraga atau membuat lapangan olahraga, futsal – tenis – badminton –basket silahkan hubungi jasa kami.


Contact Us
Customer Service
081338188883
Email : kontraktorlapangan@gmail.com


Kontraktor Lapangan – mitra pembuat dan renovasi lapangan olahraga anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar