Kamis, 03 November 2016

TEKNIK DASAR YANG HARUS DIKUASAI KIPER FUTSAL



Sama seperti tugas penjaga gawang dalam olahraga sepakbola, kiper futsal juga harus mengamankan gawangnya dari bola yang masuk. Ada beberapa hal yang sedikit berbeda pada kiper futsal, yang mana berperan cukup besar dalam membuka serangan bagi sebuah tim.

Dalam hal merespon kondisi pertandingan, kiper futsal harus sama tanggapnya seperti pemain lain. Misalnya, jika kiper menguasai teknik menangkap bola yang baik maka dapat dengan mudah mendistribusikan bola kepada rekan setimnya yang berbeda posisi dengan cepat atau yang biasa disebut counter-attack.

 1. TEKNIK MENANGKAP BOLA
-- Teknik Menangkap Bola Bawah
Kiper dapat menggunakan teknik ini pada saat bola meluncur deras mendatar ke area gawang. Kiper harus bergerak maju mendatangi bola, posisi yang baik yaitu maju sampai tubuh Anda berada antara bola dan gawang. Gunakan tangan untuk meraih bola dan pastikan kedua tangan Anda memeluk bola secara bersamaan. Hal ini memastikan bola lolos dari tangkapan Anda dan melewati sela-sela kaki. Pastikan juga kecepatan bola yang datang, semakin cepat bola bergulir, semakin cepat pula Anda harus bereaksi menangkap bola.

-- Teknik Menangkap Bola Atas
Gunakan teknik ini pada saat bola datang berada diatas pinggang Anda. Perhatikan pada saat lawan melakukan tendangan, usahakan bergerak ke depan. Tangkap bola yang datang dengan kedua tangan secara bersamaan, kemudian memeluk bola. 
Untuk menangkap bola di atas kepala, diperlukan daya cengkram jari yang cukup kuat dengan jenis tangkapan W. Bila bola datang cukup keras di atas kepala, sebaiknya bola di blok atau di tepis. Lihat pembahasan Teknik Memblok Bola atau Menepis Bola di bawah.

-- Teknik Menangkap dengan Menjatuhkan Badan
Teknik ini dapat Anda gunakan pada saat bola bergulir cepat mendatar pada samping kanan atau kiri dari tubuh Anda dan memungkinkan Anda menjatuhkan badan di samping bola dengan posisi menangkap yang baik dan cepat. Pastikan Anda memiliki kecepatan kaki untuk melangkah dan mengendalikannya ke arah bola. Setelah menjatuhkan badan, tangkap bola dengan kedua tangan, tangkapan yang baik menggunakan tangkapan W.


2. TEKNIK MELEMPAR BOLA
Teknik ini juga sangat penting untuk dipelajari seorang kiper dalam permainan futsal. Fungsi kiper mempelajari teknik ini adalah untuk membantu penyerangan. Futsal merupakan permainan yang dilakukan dalam ruang sempit dan permainannya yang cepat. Sehingga kiper juga mempunyai peranan dalam menyerang dalam tempo pertandingan yang tinggi.

Setelah kiper dapat menangkap bola dengan baik, kiper dapat melakukan lemparan untuk memulai serangan, bola dapat diberikan kepada rekan setimnya yang paling dekat.  Bila ada kesempatan, kiper juga dapat melakukan lemparan jauh ke rekannya yang memiliki posisi menguntungkan dalam mencetak gol. Di sini dibutuhkan kejelian dan pengambilan keputusan yang tepat dari seorang kiper

Kiper juga perlu memiliki lemparan yang cepat dan akurat di atas permukaan lapangan. Dengan memiliki teknik lemparan yang baik, dapat menentukan keberhasilan sebuah serangan. Beberapa situasi serangan harus dipelajari oleh seorang kiper. Pada saat counter attack atau serangan balik, lemparan bola dari kiper harus tajam dan tepat di kaki penyerang atau pemain depan.

Lemparan bola atas atau biasa disebut lemparan parabola dapat juga dilakukan, hal ini tergantung bagaimana posisi pemain depan. Biasanya lemparan parabola diberikan pada pemain depan yang memiliki postur tubuh yang tinggi sehingga dapat menyundul bola dan memberikan umpan kepada rekannya yang berada pada posisi menguntungkan atau langsung menyundul bola ke arah gawang.

Satu hal yang wajib diwaspadai kiper dalam melakukan lemparan yaitu keakuratan bola yang diberikan. Bila bola dilempar tidak akurat dan jatuh di kaki lawan, justru akan membahayakan gawang Anda. Begitu juga kecepatan bola, lemparan bola yang lemah akan mudah dicuri lawan dan lawan dengan mudah melakukan serangan balik.

3. TEKNIK MENENDANG BOLA
--Tendangan Kaki Bagian Dalam
Tendangan menggunakan sisi kaki bagian dalam merupakan tendangan yang paling mudah untuk dilakukan dan menghasilkan tendangan yang akurat. Tendangan ini bisa dilakukan pada saat bola diam atau pada saat bola bergerak.

Selain melakukan teknik menendang dengan baik, kiper juga harus bisa memposisikan diri agar mudah di umpan oleh rekannya. Perhatikan juga dalam mengumpan menggunakan kaki, kiper harus melihat apakah rekannya di jaga ketat atau tidak, bila di jaga ketat, umpan ke pemain lain yang posisinya lebih baik. Sama dengan pemain lain, kiper harus mengumpan bola ke pemain lain dengan bola mendatar, jangan sampai bola memantul. Serta aliran bola harus cepat dan akurat.

--Tendangan Voli
Tendangan ini merupakan cara yang paling cepat untuk mengirimkan bola ke rekan Anda ketika melakukan serangan balik dibanding dengan menggunakan lemparan. 

Pelaksanaan Tendangan Voli sebagai berikut:
- Pegang bola di telapak tangan yang berlawanan dengan kaki yang akan menendang
- Kepala tegak dengan pandangan ke arah bola, posisi badan mengarah ke target.
- Melangkah ke depan dengan kaki yang tidak menendang
- Luruskan posisi kaki yang menendang
- Tempatkan kaki bagian punggung atau kura-kura kaki di tengah bola
- Gunakan gerakan lanjutan dengan berlari pendek ke arah depan (sekitar 2-3 langkah) kunci engkel kaki ketika menendang di bantu dengan kaki tumpu pada saat menendang. Jatuhkan bola, bola jangan diputar dan tendang, lalu lakukan gerakan lanjutan dan mendarat dengan kaki yang menendang. Tendangan harus lurus, secara langsung sejajar dengan target dan tidak harus memutarkan tubuh.

4. TEKNIK MEMBLOK ATAU MENEPIS BOLA
Dalam permainan futsal biasanya tembakan ke arah gawang sangat keras dan dilakukan dengan jarak dekat sehingga akan menyulitkan penjaga gawang untuk untuk menangkap bola tersebut. Cara yang dapat digunakan yaitu memblok atau menepis bola yang datang di area gawang. Cara ini dapat dilakukan menggunakan tangan, kaki ataupun badan Anda.

Dalam sebuah pertandingan futsal, sebagian besar penjaga gawang akan melakukan blok atau menepis bola untuk mengamankan gawang mereka. Satu hal yang perlu diperhatikan bagi kiper atau penjaga gawang, teknik ini membutuhkan keberanian yang tinggi dan perhitungan yang akurat dalam menutup setiap sudut tendangan yang datang.

Di satu sisi, kiper futsal harus jeli dalam menentukan apakah bola yang datang sebaiknya ditangkap atau diblok. Bila ragu sebaiknya bola diblok atau ditepis karena resiko untuk kebobolan semakin kecil.


Keempat teknik di atas dapat Anda kuasai dengan latihan yang rutin serta disiplin. Selain itu berlatih bersama teman-teman Anda juga dapat membantu memperbaiki kekurangan dan kelemahan Anda dalam melakukan latihan. Selamat berlatih. Dan bagi anda yang ingin membuat lapangan olahraga, futsal – tenis – badminton –basket silahkan hubungi jasa kami.


Contact Us
Customer Service
081338188883
Email : kontraktorlapangan@gmail.com


Kontraktor Lapangan – mitra pembuat dan renovasi lapangan olahraga anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar