Selasa, 06 September 2016

SEJARAH PERMAINAN FUTSAL DUNIA DAN INDONESIA



Futsal atau sepak bola indoor ternyata telah ada sejak lama. Permainan ini merupakan anakan dari permainan sepak bola dengan kata lain gubahan permainan sepak bola yang bisa dimainkan dalam ruangan. Berikut ini sejarah futsal yang berasal dari negara Uruguay.


Sejarah Permainan Futsal

Sejarah olahraga futsal muncul sekitar tahun 1930 di Montevideo, Uruguay dan diperkenalkan oleh pelatih sepak bola yang terkenal pada masa itu, yaitu bernama Juan Carlos Ceriani. Sebetulnya pada waktu itu Ceriani tidak sengaja untuk menciptakan olahraga futsal ini. Ceriani terilhami pada saat tim sepak bolanya ingin mengadakan latihan tetapi cuaca tidak mendukung untuk mengadakan suatu latihan. Ceriani mengambil keputusan untuk memindahkan latihan sepak bolanya di dalam suatu ruangan. Walaupun sering mengadakan latihan yang berada di dalam ruangan, apa yang diharapkan Ceriani dari anak asuhnya mempunyai keterampilan yang baik ternyata sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya hasil yang mengembirakan itu Ceriani mempunyai suatu gagasan untuk menciptakan olahraga yang ada di dalam ruangan dengan jumlah pemain yang relatif lebih sedikit yaitu lima orang pemain. Selain itu, lapangan yang digunakan juga lebih kecil. Dengan melihat lebih baik dan lebih efektifnya olahraga futsal tersebut, olahraga ruangan ini berkembang sangat pesat terutama di negara-negara yang berada di kawasan Amerika Selatan. Lalu mengapa dinamakan futsal? Asal nama futsal terdiri dari 2 kata yaitu futbol dan sala yang dalam bahasa Spanyol berarti sepakbola dalam ruangan. Nama ini disesuaikan dengan futsal sendiri yaitu cabang olahraga baru yang mengadopsi sepakbola dengan tempat permainan dalam ruangan.


Sejarah Futsal di Indonesia
Sebenarnya futsal sudah dikenal di tanah air sejak era 1998 - 1999, namun secara resmi sejarah futsal Indonesia dimulai pada tahun 2002 ketika Indonesia di daulat AFC (Asian Football Confederation) untuk menyelenggarakan putaran final kejuaraan futsal tingkat Asia di Jakarta. Kejuaraan Futsal AFC tahun 2002 ini adalah penyelenggaraan ke-4 sejak pertama kali diadakan tahun 1999 di Malaysia. Putaran final diadakan di Jakarta 22 s.d 30 Oktober 2002. Seluruh pertandingan digelar di Istora Senayan Jakarta. Turnamen ini dimenangkan Iran, sedangkan Indonesia hanya mampu meraih 1x kemenangan dan 1x seri dari 4 pertandingan sehingga tidak lolos dibabak penyisihan grup.

Berbicara tentang perkembangan futsal di Indonesia, tak bisa lepas dari nama seorang Justinus Lhaksana, dia lah yang membawa futsal ke Indonesia. Pria kelahiran 28 Juli 1967 ini pernah menjabat sebagai pelatih timnas futsal Indonesia tahun 2004 - 2007. Dia pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan memegang sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda) serta pernah melatih klub divisi utama negeri kincir angin. Di masa kepemimpinan Justin, timnas Indonesia pernah meraih prestasi Internasional dengan memperoleh medali perunggu pada SEA GAMES Thailand tahun 2007. Pada waktu itu Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 11 - 1.


Demikianlah ulasan hari ini mengenai sejarah permainan futsal, semoga bermanfaat dan salam olahraga. Bagi anda yang ingin membuat lapangan atau renovasi lapangan futsal, badminton, tenis, dan basket silakan menghubungi jasa kami.

Contact Us
Customer Service
081338188883
Email :
kontraktorlapangan@gmail.com


Kontraktor Lapangan – mitra pembuat dan renovasi lapangan olahraga anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar