Senin, 24 Oktober 2016

MENGENAL POSISI PEMAIN BOLA BASKET DAN TUGASNYA



Dalam permainan bola basket terdapat beberapa posisi penting yang harus diisi oleh setiap anggotanya. Beragam posisi ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan serta postur dari pemain. Hal ini dilakukan, agar setiap anggota dapat bermain sesuai dengan skill yang mereka kuasai sehingga mampu menambah kekuatan tim. Penempatan posisi dapat terjadi berubah – ubah dengan cepat saat berada di arena bermain tergantung pada situasi atau keadaan yang tengah terjadi. Nahh, kali ini kontraktorlapangan.com akan membahas mengenai posisi pemain bola basket beserta tugasnya.

Dalam permainan bola basket terdapat 5 posisi utama pemain, yang biasanya untuk mempermudah penyebutannya juga diwakilkan dengan angka. Seperti pemain 1 (Point Guard), pemain 2 (Shooting Guard), pemain 3 (Small Forward), pemain 4 (Power Forward), dan pemain ke-5 (Center). Untuk lebih jelasnya mengenai nama-nama posisi pemain bola basket tersebut, simak penjelasan singkat berikut ini.

1. Point Guard
Posisi ini akan lebih efektif jika dilakukan oleh mereka yang berkemampuan bagus dalam melakukan dribble. Point guard berperan sebagai pengatur serangan dan biasanya posisi inilah yang pertama kali melakukan passing. Point guard umumnya bertugas sebagai pengatur strategi yang akan digunakan untuk mencapai kemenangan timnya. Selain itu, point guard juga bertugas untuk membawa bola sekaligus melakukan passing pada rekannya. Dia yang mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat. Biasa juga disebut playmaker. Point guard biasanya diisi oleh mereka yang memiliki badan kecil dan lincah serta jago melakukan dribble.

2. Shooting Guard
Pada strategi permainan tertentu, pemain dengan posisi ini dapat menjadi penembak utama dalam tim. Shooting guard juga dapat melakukan drive ke dalam. Posisi ini memungkinkan pula untuk menjadi small forward yang memiliki kemampuan rebound yang baik. Pemain yang mengisi posisi ini biasanya mereka yang memiliki tubuh besar dengan kemampuan rebound yang lebih baik. Selain itu shooting guard ialah orang yang punya tugas untuk menembak bola dari jarak-jarak yang cukup jauh. Dia harus cepat bergerak dan mencari posisi yang kosong untuk melepaskan tembakan. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang paling bagus akurasi shootingnya.

3. Small Forward
Posisi ini ditujukan untuk mereka yang bertugas dalam mencetak angka. Small forward diharapkan mampu menerobos pertahanan pihak lawan dan melakukan lay-up atau dunk untuk melakukan tembakan. Posisi ini biasanya diberikan untuk mereka yang pintar atau memiliki teknik hebat dalam mencetak angka.

4. Power Forward
Tugas dari posisi ini adalah untuk merebound bola. Rebound dilakukan untuk menjaga bola jauh dari tangan musuh, rebound penting agar bola tak kembali ke tangan lawan. Posisi ini biasanya ditempati oleh mereka yang dapat melakukan lompatan yang tinggi serta mereka yang memiliki badan besar untuk beradu fisik dengan lawan.

5. Center
Posisi ini biasanya diisi oleh mereka yang memiliki postur tinggi dan bertubuh besar untuk beradu fisik dengan tim lawan. Cara memilih center tidak terpusat pada ukuran yang pasti. Pemain yang mendapat tugas sebagai center memiliki tanggung jawab untuk bermain di key hole dan pemain inilah yang biasanya melakukan rebound. Center memiliki tanggung jawab dalam mengamankan ringnya dari tembakan musuh yang akan melakukan tembakan dari jarak dekat. Pada penyerangan, center harus mampu melihat posisi teman-temannya dan memberikan umpan pada teman yang kosong (karena posisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpan ke sisi manapun).

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai nama-nama posisi pemain bola basket berdasarkan peran dan tugasnya. Mengerti dan memahami tugas pada tiap posisi membantu pemain untuk lebih baik dalam melakukan permainan dan mampu bekerja sama dengan rekan setim melalui tugas yang dibawa masing – masing. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Dan bagi anda yang ingin membuat lapangan olahraga, basket – tenis – badminton – futsal  silahkan hubungi jasa kami.


Contact Us
Customer Service
081338188883
Email : kontraktorlapangan@gmail.com


Kontraktor Lapangan – mitra pembuat dan renovasi lapangan olahraga anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar